Cari Blog Ini

Selasa, 04 November 2014

MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK MELATIH KOGNITIF DAN AFEKTIF


MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI
UNTUK MELATIH KOGNITIF DAN AFEKTIF

Dibuat oleh :
SYARIF HIDAYAT
12601244140

Permainan bola voli untuk anak usia 12 – 15 tahun atau SMP. Kebanyakan siswa SMP belum banyak yang bisa bermain bola voli dengan baik. Mereka mungkin kebanyakan baru menguasai teknik yang paling utama dalam bola voli yaitu service tetapi kadang juga ada siswa yang belum mengasai teknik tersebut. Padahal dalam bermain bola voli masih ada beberapa teknik yang harus dikuasai selain service yaitu :
1.      Passing, ada dua yaitu passing atas dan passing bawah.
2.      Smash
3.      Block
Filosofi bermain voli bagi anak SMP adalah permainan memantulkan bola dengan tangan atau lengan untuk menyebrangkan bola melalui net oleh dua regu yang ada diatas lapangan dengan ukuran tertentu.  Untuk melatih teknik dasar service dan passing atas maka digunakan model permainan yang sederhana dan sudah dimodifikasi.
Cara bermain :
1.      Permainan dimulai dengan pukulan service ( menggunakan service bawah )
2.      Bola di biayarkan jatuh terlebih dahulu, kemudian bola ditangkap.
3.      Setelah itu bola dilemparkan ke teman ( team ) kemudian di passing atas dan diberikan kepada teman sendiri
4.      Kemudian bola ditangkap dan dilempar tangan harus dari bawah sampai bola menyebrangi net.
5.      Regu lawan juga melakukan hal yang sama. Kemudian permainan berlanjut sampai ada pemenangnya, skor tidak usah banyak – banyak cukup dengan 10 point ( team tersebut bisa menang ) agar waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dan bisa untuk bergantian.
Selain permainan itu agar siswa tidak bosan, kita juga bisa membuat latihan passing atas agar anak bisa menguasainya. Contohnya :
1.      Dengan memasingkan bola kedinding.
2.      Dengan cara teman yang satu melempar bola kira – kira diatas badan teman yang lain dan juga tidak terlalu tinggi agar dapat dijangkau. Kemudian di passing ( menggunakan passing atas ). Latihan berlanjut secara bergantian.
Permainan diatas dapat melatih aspek kognitif dan afektif siswa, karena permainan dan latihan tersebut dapat menumbuhkan sikap disiplin siswa. Dan juga menuntut siswa untuk berfikir dalam bermain. Sehingga secara tidak langsung permainan tersebut dapat menumbuhkan kognitif ( kemampuan berfikir ) dan afektif ( sikap ) siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar