Cari Blog Ini

Selasa, 04 November 2014

MAKALAH TENTANG SENAM KEBUGARAN JASMANI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK


SENAM KEBUGARAN JASMANI UNTUK
TUMBUH KEMBANG ANAK
Dibuat guna memenuhi tugas matakuliah Kesehatan Olahraga

SYARIF HIDAYAT
12601244140
PJKR E 2012

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam rangka pembangunan bangsa dan pembentukan manusia seutuhnya, maka olahraga mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencapai usaha tersebut. Pembangunan yang kita laksanakan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, sejahtera lahir dan batin, termasuk sehat jasmani dan rohani. Manusia yang sehat merupakan sumber daya yang dibutuhkan dalam pembangunan, oleh karena itu olahraga harus memasyarakatkan.
Olahraga sangat penting untuk setiap orang, karena dengan berolahraga tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Khusunya untuk anak olahraga juga membantunya untuk tumbuh dan berkembang serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.
Dalam masa tumbuh kembang anak memerlukan aktivitas olahraga untuk membantunya tumbuh besar agar pertumbuhan tubuhnya optimal atau maksimal. Pertumbuhan tubuh anak biasanya dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan dan juga gen yang diturunkan oleh orang tuanya. Jika orang tuanya tinggi maka anaknya nantinya juga tinggi dan sebaliknya jika orang tuanya pendek maka anaknya biasanya akan pendek juga.
Ada banyak olahraga yang dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya yaitu senam kebugaran jasmani (SKJ). Senam sangat baik untuk pertumbuhan tubuh anak dan mampu meningkatkan kemampuan anak seperti : motorik, kognitif (pikiran atau daya ingat), psikomotor dan afektif (sikap). Terutama perkembangan motorik anak di senam ini diasah agar memiliki keterampilan gerak yang baik.
Senam kebugaran jasmani juga berguna untuk melenturkan otot – otot dan sendi pada tubuh, sebelum melakukan aktivitas sehari – hari yang berat maupun ringan agar badan terasa segar dan bersemangat dalam bekerja maupun belajar. SKJ sebaiknya dilakukan sebelum beraktivitas pada pagi hari ketika udaranya masih segar dan bersih.
Dibeberapa sekolah – sekolah sekarang SKJ sudah mulai dijadikan kegiatan rutin yang dilaksanakan satu minggu sekali. Ini menunjukkan guru sudah mulai mengerti akan pentingnya olahraga atau SKJ bagi kesehatan tubuh peserta didiknya. Olahraga juga akan menunjang prestasi siswanya dan mengharumkan nama sekolah.
Untuk itu kita harus membudayakan hidup sehat dengan melakukan senam kebugaran jasmani secara rutin dan teratur agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai peyakit.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diuraikan pembahasannya sebagai rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa itu pengertian dan macam senam ?
2.      Bagaimana senam kebugaran jasmani untuk tumbuh kembang anak ?
C.     Tujuan
Tujuan dari makalah ini untuk memberi informasi kepada pembaca tentang pengertian dan pentingnya olahraga bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu olahraganya yaitu senam kebugaran jasmani (SKJ) yang berguna untuk melenturkan tubuh dan mengasah kemampuan motorik (gerak) anak.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Senam
Imam Hidayat (1982: 2) menyatakan bahwa secara umum senam dapat diartikan suatu latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis. Lebih lanjut Agus Mahendra (2001: 2) menyatakan bahwa senam sebagai suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun sesara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.
Dewasa ini banyak sekali bermunculan macam-macam nama senam, seperti: senam pagi, senam kesegaran jasmani, senam jantung sehat, senam lansia, senam otak, dan lain-lain. Setiap macam atau nama dari senam tersebut, tentu latihan atau gerakangerakannya memang sengaja dibuat, kemudian disusun secara sistematik, serta mempunyai tujuan tertentu. Masing-masing senam memiliki ciri-ciri gerakan sendiri serta tujuannya disesuaikan dengan namanya. Misalnya senam si buyung dengan ciri – ciri gerakan meniru, tujuannya untuk memenuhi hasrat bergerak anak kecil.
Mengingat banyaknya macam senam, maka Federasi Senam Internasional yaitu Federation Internationale de Gymnastique (F.I.G) mengelompokkan senam menjadi enam, yaitu:
1.      Senam Artistik (Artistic Gymnastics), adalah gerakan yang cepat dan eksplosif, pada umumnya menonjolkan kelentukan dan keseimbangan, dan dilakukan dengan gerakan yang agak lambat, dilaksanakan secara terkontrol yang mampu memberikan pengaruh mengejutkan dan mengundang rasa keindahan.
2.      Senam Ritmik Sportif (Sportive Rhytmic Gymnastics) adalah senam yang komposisi geraknya diantarkan oleh tuntunan irama musik, yang menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat yang indah.
3.      Senam Akrobatik (Acrobatic Gymnastics) adalah senam yang mengandalkan kelentukan dan keseimbangan dengan gerakan yang cepat dan ekslposif, sehingga latihannya banyak mengandung salto dan putaran, sementara pesenamnya harus mendarat di tempat-tempat yang sulit.
4.      Senam Aerobik Sport (Sport Aerobics) adalah penggabungan dari gerak tarian, kekuatan, kelentukan dan keseimbangan sehingga pantas diperlombakan.
5.      Senam Trampolin (Trampolinning) adalah pengembangan dari satu bentuk latihan yang dilakukan di atas trampolin, yaitu sejenis alat pantul yang memiliki daya pantul yang sangat besar.
6.      Senam Umum (General Gymnastics) adalah segala jenis senam di luar kelima jenis senam tersebut di atas.
B.     Senam Kebugaran Jasmani Untuk Tumbuh Kembang
Senam kesegaran Jasmani adalah rangkaian gerakan senam yang bertujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan kesegaran jasmani. Sesuai dengan kaidah dan cirri-ciri Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), gerakan-gerakan direncanakan, disusun secara sistematis, dan bertujuan untuk memperoleh kesehatan dan kesegaran jasmani. Dalam melakukan SKJ selalu diiringi musik yang telah ada.
Senam kebugaran jasmani mampu meningkatkan daya tahan jantung dan paru secara optimal serta dapat melenturkan otot – otot tubuh. SKJ sebaiknya dilakukan sebelum memulai aktivitas sehari – hari agar tubuh bugar menjadikan dalam bekerja  bersemangat dan memperoleh hasil yang optimal.
Senam sangat baik untuk anak karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak seperti :
1.      Dengan olahraga senam, tubuh anak akan tumbuh secara optimal dengan gerakan – gerakan pada senam yang merenggangkan tubuh.
2.      Meningkatkan daya tahan jantung dan paru serta mengatur komposisi lemak yang terkandung dalam tubuh sehingga tubuh anak menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.
3.      SKJ mampu mengembangkan aspek – aspek sebagai berikut :
a.       Motorik (gerak), dengan senam anak mampu meningkatkan keterampilan geraknya agar menjadi lebih komplek.
b.      Afektif (sikap), anak akan menjadi lebih disiplin/
c.       Kognitif (pikiran atau daya ingat), senam akan meningkatkan daya ingat anak melalui menghafal gerakan dan musik yang diputar.

SKJ sangat bagus untuk anak karena dapat membantu anak dalam meningkatkan tumbuh kembangnya, agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Dan akan menjadi anak yang pintar, sehat, berprestasi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Untuk itu  marilah sama – sama budayakan hidup sehat dengan olahraga senam kebugaran jasmani.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Senam kebugaran jasmani sangat baik untuk pertumbuhan tubuh anak dan mampu meningkatkan kemampuan anak seperti : motorik, kognitif (pikiran atau daya ingat), psikomotor dan afektif (sikap). Terutama perkembangan motorik anak di senam ini diasah agar memiliki keterampilan gerak yang baik.
Kebugaran jasmani perlu dibina dan dikembangkan mulai anak-anak, karena kebugaran jasmani sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sesuai dengan karakteristik anak bahwa mereka suka bermain, jika fisiknya tidak bugar, maka tidak akan dapat melakukan aktivitas bermain dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA
http://eprints.uny.ac.id/7501/2/BAB%202.pdf diakses pada hari minggu, 3/8/2014 jam 08:02
http://eprints.undip.ac.id/19915/1/005-ki-mku-05.pdf diakses pada hari minggu, 3/8/2014 jam 08:19

3 komentar:

  1. Bagus , sangat bermanfaat artikelnya makasih ya

    BalasHapus
  2. akhirnya bisa nemu juga
    http://genstekno.blogspot.com

    BalasHapus
  3. BURUAN GABUNG BERSAMA KAMI DI BOLAVITA DAN NIKMATI BERBAGAI MACAM PERMAINAN DAN BONUS MENARIKNYA

    MINIMAL DEPOSIT Rp 50.000 SAJA. DENGAN DEPOSIT MENGGUNAKAN PULSA TIDAK DIKENAKAN POTONGAN !!

    BONUS MENARIK LAINNYA :
    ☻ BONUS NEW MEMBER
    ☻ BONUS EVERYDAY
    ☻ BONUS REFERRAL
    ☻ BONUS ROLLINGAN

    MENERIMA DEPOSIT DARI SELURUH BANK TERNAMA DI INDONESIA DAN E-WALLET!!
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    BalasHapus