Cari Blog Ini

Selasa, 04 November 2014

MAKALAH TENTANG MANFAAT BERSEPEDA UNTUK KESEHATAN JASMANI


MANFAAT BERSEPEDA UNTUK
KESEHATAN JASMANI
Dibuat guna memenuhi tugas matakuliah Kesehatan Olahraga

Disusun oleh :
SYARIF HIDAYAT
12601244140
PJKR E 2012

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh setiap manusia tanpa ada batasan tertentu, baik anak – anak maupun dewasa.Bersepeda termasuk olahraga yang ringan atau tidak terlalu berat, sehingga setiap orang dapat berolahraga dengan bersepeda tanpa ada batasan usia. Bersepeda adalah olahraga yang sederhana yang menyehatkan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor terutama di daerah perkotaan yang banyak terdapat kendaraan dan dapat mengurangi kemacetan. Udara sangat penting bagi kehidupan manusia, karena manusia membutuhkan udara yang bersih agar terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh pencemaran udara melalui pernafasan . Dengan bersepeda sedikit membantu untuk mengurangi global warming / pemanasan global yang salah satunya ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor.
Menyikapi fenomena yang terjadi di beberapa kota besar banyak kendaraan bermotor menyebabkan  kemacetandan pencemaran udara terjadi. Untuk mengurangi kemacetan di kota – kota besar, sepeda bisa di jadikan alternative transportasi yang dapat mengurangi kemacetan, polusi udara dan yang paling utama menyehatkan tubuh.Membudayakan sepeda sebagai transportasi yang utama merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara akibat kendaraan bermotor.
Dengan bersepeda dapat meningkatkan kekuatan otot terutama pada kaki serta meningkatkan daya tahan jantung dan paru, sehingga orang yang sering bersepeda memiliki daya tahan yang baik. Pada saat belajar atau bekerja orang yang berolahraga tidak mudah lelah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berolahraga sama sekali. 
Kesehatan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia yang harus dimiliki, agar dapat melakukan aktivitas sehari – hari dengan baik dan bersemangat.Tanpa tubuh yang bugar manusia tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik dan mengganggu rutinitas. Aktivitas seperti sekolah, bekerja dan belajar akanterganggu jika tubuh kita tidak bugar atau fit.Kesehatan  merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT yang tidak ternilai harganya, yang menjadikan kita dapat beraktivitas dengan baik.
Untuk itu kita harus menjaga kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita, dengan cara berolahraga seperti bersepeda atau yang lainnya dan makan – makanan yang bergizi.Dengan berolahraga menjadikan tubuh kita sehat dan kuat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. 
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diuraikan pembahasannya sebagai rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa itu kebugaranjasmani ?
2.      Apa manfaat bersepeda bagi tubuh manusia dan lingkungan ?
C.     Tujuan
Tujuan dari makalah ini untuk memberi informasi kepada pembaca tentang pengertian dan pentingnya olahraga bagi kesehatan, karena dengan berolahraga badan menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit.Bersepeda mampu meningkatkan kekuatan otot kaki serta meningkatkan daya tahan jantung dan paru. Dalam mengurangi kemacetan di kota – kota besar transportasi seperti sepeda dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara akibat banyaknya kendaraan bermotor.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kebugaran Jasmani
1.      Pengertian Kebugaran Jasmani
Menurut Sadoso Sumosardjono yang dikutip oleh Musan Prawoto (2007:7) “ kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menuaikan tugas sehari-hari dengan gampang tanpa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang dan untuk keperluan mendadak”. Menurut Tri Nurharsono (2006: 52) bahwa kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari dengan giat dan waspada tanpa mengalami kelelahan yang berarti, serta masih memiliki cadangan energi untuk menghadapi hal-hal darurat yang tidak terduga sebelumnya.Menurut Mochmad Sajoto (1988: 43), kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dengan mengeluarkan energy yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewakktuwaktu diperlukan. Menurut Wahjoedi (2000: 58), kesegaran jasmani adalah kemmpuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan seharihari dengan giat, tanpa mengalami kelelahan yang berarti serta cadangan energi yang masih tersisa, masih mampu menikmati waktu luang dan menghadapi hal-hal darurat yang tak terduga sebelumnya.Menurut Djoko Pekik Irianto(2004: 2), kesegaran adalah fisik (physical fitness), yakni kemampuan seseorang melakukan kerja seharihari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya.
Berdasarkan berbagai pendapat tentang pengertian kebugaran jasmani, maka dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari dan melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang relatif lama, yang dilakukan secara efisien, tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. Kebugaran jasmani merupakan suatu keadaan yang sangat diinginkan oleh setiap orang. Dengan kebugaran jasmani orang akan dapat tampil lebih dinamis dan tercipta produktivitas kerja. Manfaat kebugaran jasmani pada saat ini sudah sangat disadari oleh masyarakat, terbukti dengan berkembangnya pusat-pusat kebugaran dan kegiatan olahraga yang marak diselenggarakan yang kesemuanya berpangkal pada pencarian kebugaran jasmani.
2.      Komponen – komponen Kebugaran Jasmani
Menurut Mochamad Sajoto (1988: 43-56) kesegaran jasmani dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
a.       Kebugaran yang berhubungan dengan kebugaran atau kesehatan:
1)      Kebugaran kardiovaskuler (cardiovascular fitness)
2)      Kekuatan otot (strength fitness)
3)      Keseimbangan tubuh
4)      Kelentukan (flexibility fitness)
b.      Kebugaran yang berhubungan dengan ketrampilan gerak:
1)      Koordinasi (coordination)
2)      Keseimbangnan (balance)
3)      Kecepatan (speed)
4)      Kelincahan (agility)
5)      Daya ledak (power)
Menurut Abdul Kadir Ateng (1992: 66) komponen kebugaran jasmani terdiri atas kekuatan dan daya tahan otot, daya tahan respirasi kardiovaskuler, tenaga otot, kelentukan, kecepatan, kelincahan, koordinasi, keseimbangan, dan ketepatan.
Secara umum, komponen atau unsur kesegaran jasmani yaitu:
a.       Daya tahan (endurance),
b.      Kekuatan otot (Muscle strength),
c.       Kekuatan (speed)
d.      Kelincahan (agility)
e.       Kelenturan (Flexibility)
f.       Keseimbangan (Balance)
g.      Koordinasi (coordination)
h.      Komposisi tubuh (body composition)
3.      Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani yang baik dicapai dengan latihan yang benar.Namun demikian kebugaran jasmani mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga tercapai kebugaran yang baik. Menurut Perry Howard (1997: 37-38) faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani adalah: umur, jenis kelamin, somatotipe, atau bentuk badan, keadaan kesehatan, gizi, berat badan, tidur atau istirahat, dan kegiatan jasmaniah. Penjelasan secara singkat sebagai berikut :
1.      Umur
Setiap tingkatan umur mempunyai keuntungan yang sendiri. Kebugaran jasmani dapat ditingkatkan pada hampir semua usia.
2.      Jenis kelamin
Masing-masing jenis kelamin memiliki keuntungan yang berbeda.Secara hukum dasar wanita memiliki potensi tingkat kebugaran jasmani yang lebih tinggi dari pria.Dalam keadaan normal mereka mampu menahan perubahan suhu yang jauh lebih besar.Kaum laki-laki cenderung memiliki potensi dalam kebugaran jasmani, dalam arti bahwa potensi mereka untuk tenaga dan kecepatan lebih tinggi.
3.      Somatotipe atau bentuk tubuh 
Kebugaran jasmani yang baik dapat dicapai dengan bentuk badan apapun sesuai dengan potensinya.
4.      Keadaan kesehatan
Kebugaran jasmani tidak dapat dipertahankan jika kesehatan badan tidak baik atau sakit.
5.      Gizi
Makanan sangat perlu, jika hendak mencapai dan mempertahankan kebugaran jasmani dan kesehatan badan. Makanan yang seimbang (12% protein, 50% karbohidrat, 38 % lemak) akan mengisi kebutuhan gizi tubuh.
6.      Berat badan
Berat badan ideal dan berlebihan atau kurang akan dapat melakukan perkerjaan dengan mudah dan efesien.
7.      Tidur dan istirahat
Tubuh membutuhkan istirahat untuk membangun kembali otot-otot setelah latihan sebanyak kebutuhan latihan di dalam merangsang pertumbuhan otot.Istirahat yang cukup perlu bagi badan dan pikiran dengan makanan dan udara.
8.      Kegiatan jasmaniah atau fisik.
Kegiatan jasmaniah atau fisik yang dilakukan sesuai dengan prinsip latihan, takaran latihan, dan metode latihan yang benar akan membuat hasil yang baik. Kegiatan jasmani mencegah timbulnya gejala atrofi karena badan yang tidak diberi kegiatan.Atrofi didefinisikan sebagai hilang atau mengecilnya bentuk otot karena musnahnya serabut otot.Pada dasarnya dapat terjadi baik secara fisiologi maupun patologi. Secara fisiologi, atrofi otot terjadi pada otot-otot yang terdapat pada anggota gerak yang lama tidak digunakan seperti pada keadaan anggota gerak yang dibungkus dengan gips. Atrofi ini sering disebut disuse atrofi. Sebaliknya, secara patologi atrofi otot dibagi menjadi 3, yaitu: atrofi neurogenik, atrofi miogenik, dan atrofi artogenik. Atrofi neurogenik timbul akibat adanya lesi pada komponen motorneuron atau akson (Sidharta, 2008).
B.     Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh Dan Lingkungan
Bersepeda merupakan salah satu aktivitas jasmani atau olahraga yang menyehatkan tubuh tanpa ada batasan umur sehingga siapa pun dapat melakukannya.Karena bersepeda adalah olahraga yang ringan atau tidak terlalu berat, menjadikan banyak orang menyukai olahraga bersepeda.
Bersepeda mampu meningkatkan komponen kebugaran jasmani yaitu daya tahan jantung dan paru serta kekuatan otot terutama dibagian kaki yang digunakan untuk mengayun sepeda.Seseorang yang sering berolahraga dengan bersepeda memiliki kekebalan tubuh yang baik dan terhindar dari berbagai penyakit dibandingkan dengan orang yang bermalas – malasan atau tidak pernah berolahraga.
Sepeda juga merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar. Untuk mengurangi pencemaran udara dan kemacetan di kota – kota besar sepeda dapat dijadikan alternatif transportasi. 



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Bersepeda merupakan salah satu aktivitas jasmani atau olahraga yang menyehatkan tubuh dan mampu meningkatkan komponen kebugaran jasmani yaitu daya tahan jantung dan paru serta kekuatan otot terutama dibagian kaki yang digunakan untuk mengayun sepeda.Sepeda juga merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar. Untuk mengurangi pencemaran udara dan kemacetan di kota – kota besar sepeda dapat dijadikan alternatif transportasi.






DAFTAR PUSTAKA
Diambil dari :http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pendidikan%20Kebugaran%20Jasmani.pdf  pada hari Jum’at, tanggal : 25/7/2014, jam 10:40
http://eprints.uny.ac.id/8762/2/bab2%20-10604227102.pdf pada hari Jum’at, tanggal : 25/7/2014, jam 10:33
http://eprints.uny.ac.id/8762/1/bab1%20-10604227102.pdf pada hari Jum’at, tanggal : 25/7/2014, jam 10:38

2 komentar:

  1. bagus gan postinganya. sebelumnya boleh tolongin gan, yang untuk faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani di atas oelh sidharta dapat dari mana gan? boleh minta link nya untuk keperluan referensi skripsi gan. terima kasih gan sebelumnya

    BalasHapus
  2. BURUAN GABUNG BERSAMA KAMI DI BOLAVITA DAN NIKMATI BERBAGAI MACAM PERMAINAN DAN BONUS MENARIKNYA

    MINIMAL DEPOSIT Rp 50.000 SAJA. DENGAN DEPOSIT MENGGUNAKAN PULSA TIDAK DIKENAKAN POTONGAN !!

    BONUS MENARIK LAINNYA :
    ☻ BONUS NEW MEMBER
    ☻ BONUS EVERYDAY
    ☻ BONUS REFERRAL
    ☻ BONUS ROLLINGAN

    MENERIMA DEPOSIT DARI SELURUH BANK TERNAMA DI INDONESIA DAN E-WALLET!!
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    BalasHapus